Thursday, December 18, 2008

Kimia tekstil

…adalah salah satu cabang terapan dari ilmu kimia.

Kimia tekstil adalah salah satu cabang terapan dari ilmu kimia. Kimia tekstil merupakan bidang yang sangat khusus dalam hal penerapan prinsip-prinsip ilmu kimia untuk memahami bahan-bahan tekstil, juga dalam hal memodifikasi bahan tekstil tersebut untuk mencapai fungsi (kegunaan) dan estetika yang diinginkan. Misalnya untuk mendapatkan bahan tekstil dengan warna tertentu serta memiliki sifat lembut, anti kusut, easy care, anti bakteri, tolak air, tahan api, anti ngengat dan sebagainya. Selain itu, kimia tekstil juga dapat diterapkan untuk membuat bahan-bahan tekstil yang bermanfaat untuk bidang medis, militer, lingkungan dan sebagainya.


Pelajaran kimia tekstil dimulai dengan pengetahuan mengenai serat tekstil (fibres) baik itu serat alam maupun serat buatan, juga mempelajari bagaimana proses mewarnai bahan tekstil sampai proses finishing. Serat-serat buatan atau sintetis sangat banyak diperdagangkan di seluruh dunia oleh karena itu seorang ahli kimia tekstil juga dibekali pengetahuan mengenai polimer. Kimia tekstil dan ilmu bahan (material science) memiliki interaksi yang cukup besar dan terus berkembang.


Ilmu kimia tekstil juga menerapkan prinsip kimia permukaan (surface chemistry) untuk proses-proses pencucian dan pada proses pencelupan maupun penyempurnaan. Dalam hal ini seorang ahli tekstil harus memahami kimia organik untuk mensintesa dan memformulasi produk-prosuk yang digunakan pada proses tersebut.


…adalah dinamis


Dulu seorang ahli kimia tekstil hanya memiliki pengetahuan tentang struktur dan sifat-sifat dari serat alam dan sintetik serta mengenai pencelupan, pencapan, dan penyempurnaan tekstil. Namun saat ini tidak hanya itu, seorang ahli tekstil juga harus memiliki pengetahuan mengenai bagaimana membuat proses tekstil yang ramah lingkungan, misalnya dengan membuat serat yang biodegradable.


Saat ini juga berkembang mengenai biotextile, yaitu serat yang dikembangkan untuk drug delivery systems. Hal lainnya adalah aplikasi tekstil dibidang aeronautika, yaitu penggunaan material tekstil yang dikenal dengan textile composite untuk bahan pesawat terbang dan bahan lainnya yang menginginkan bahan yang kuat tapi ringan.


Jadi ilmu tekstil akan terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan manusia.


…terasa


Dalam bidang tekstil, Anda bekerja dengan sesuatu yang dapat dipegang dan dirasakan. Keahliannya mencakup proses manufaktur, evaluasi tekstil, pertenunan, perajutan, persiapan penyempurnaan, pencelupan, pencapan, penyempurnaan sampai garmen.


Spesialisasi dalam bidang kimia tekstil memberikan kesempatan aplikasi ilmu kimia yang kreatif dan dinamis. Kombinasi teori dan praktek membuatnya memungkinkan dalam mengembangkan bermacam-macam textile chemicals yang dibutuhkan untuk membuat bahan tekstil yang baik yang dapat bersaing dipasaran.

2 comments:

  1. assalamualaikum
    min, boleh minta kontaknya. saya tertarik dengan jurusan kimia tekstil ini. mau tanya2 banyak tentang jurusan ini.
    ini email saya naripin.irjen@yahoo.com
    terimakasih, mohon ditanggapi.

    ReplyDelete
  2. Halo ka, apakah kaka lulusa stt tekstil bandung? Saya mau menanyakan beberapa hal, makasih :)

    ReplyDelete